Selamat Datang

Desa Sangkanayu merupakan desa dari kecamatan Mrebet kabupaten Purbalingga. Dari pusat kecamatan Mrebet 5 Km yang ditempuh dengan waktu 15 menit jika menggunakan kendaraan pribadi. Sedangkan dari pusat kota yaitu purbalingga berjarak 10 Km dengan waktu tempuh 30 menit.

Desa Sangkanayu memiliki luas 222,500 Ha. Desa ini memiliki 3 dusun, 17 rukun tetangga (RT) dan 5 rukun warga (RW). Berdasarkan data monografi desa Sangkanayu berpenduduk 4.857 jiwa yang terdiri dari 2.461 laki-laki dan 2.396 Perempuan, selain itu juga memiliki 1.353 kepala keluarga. Dalam bidang pendidikan desa sangkanayu memiliki 2 (dua) sekolah dasar negeri, 1 (satu) taman kanak-kanak, dan 1 (satu) PAUD. Untuk melanjutkan ke pendidikan SMP, SMA, dan perguruan tinggi warga desa Sangkanayu harus keluar desa. Desa Sangkanayu memiliki 1 karang taruna yang memiliki anggota berjumlah 170 orang. Sedangkan PKK terdapat 1 kelompok dengan jumlah 51 orang.

Mata pencaharian yang paling utama yaitu penderes gula kelapa, petani dan petani buruh. Komoditas yang paling terkenal di desa Sangkanayu adalah gula, desa ini terkenal dengan desa industri gula kelapa karena dalam suatu desa tersebut terdapat industri gula kelapa yang murni dari potensi sumberdaya alamnya. Industri tersebut menjadi mata pencaharian sebagian besar warga desa sangkanayu. Sebagian besar dikerjakan oleh ibu rumah tangga dan orang dewasa sehingga para ibu rumah tangga kurang dalam mendidik anaknya untuk menjadi yang lebih baik lagi. Prasarana desa Sangkanayu sudah cukup baik. Jalan umum yang digunakan sudah beraspal bagus dan rapi.